5 Manfaat asi eksklusif untuk bayi

5 Manfaat asi eksklusif untuk bayiAir susu ibu menjadi sumber asupan pertama bagi setiap manusia, bagaimana pun juga asi ini memang memiliki begitu banyak manfaat yang mungkin tak pernah anda pikirkan sebelumnya. Akan tetapi di jaman modern seperti sekarang ini banyak orang lalu menyepelekan manfaat dari penyediaan ASI pada bayi mereka. Hal ini selain tidak efektif juga bisa mengurangi kesehatan dan juga potensi buah hati kita untuk tumbuh berkembang. Nah, tentunya banyak orang yang bertanya Tanya sebenarnya apa saja yang membuat ASI itu sangat direkomendasikan untuk bayi. Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dengan beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan ASI makaberikut ini adalah beberapa manfaat asi eksklusif yang sangat berguna dalam proses kehidupan bayi.

Manfaat memberikan ASI Ekslusif pada bayi

Advertisement
Advertisement

  1. Meningkatkan imun

Salah satu manfaat asi eksklusif untuk bayi kita adalah konsumsi ASI yang cukup bisa meningkatkan system imun pada bayi kita. Kolostrum dalam asi memiliki kandungan anti bakteri dan anti virus yang tinggi akan komposisi vitamin a, kandungan tersebut sangat membantu dalam meningkatkan system kekebalan tubuh dan tentu saja melindungi bayi dari bahaya penyakit yang bisa saja menyerang.

  1. Mempercepat pemulihan

Asi menjadi sumber makanan yang sangat higienis dengan komposisi yang begitu menakjubkan, ada kandungan protein, energy, vitamin, lemak dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan yang ada dalam asi tersebut diakui telah mampu mengurangi resiko kekurangan gizi dan mempercepat proses penyembuhan penyakit yang sedang menyerang tubuh bayi.

  1. Membantu perkembangan tubuh

Manfaat asi eksklusif selanjutnya adalah ASI bisa membantu untuk meningkat perkembangan tubuh si buah hati. Asi memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembangh bayi saat ia menuju masa anak – anak, ini bisa dilihat dari peningkatan iq di mana bayi yang diberikan asi secara eksklusif akan memiliki tingkat iq lebih tinggi dari bayi lainnya.

  1. Memenuhi kebutuhan air

Dunia medis telah menunjukkan bahwa bayi dengan konsumsi asi yang eksklusif selama usianya di bawah 6 bulan tidak akan membutuhkan cairan tambahan lagi, ini membuktikan bahwa asi yang mengandung lebih dari 80% air mampu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh anak di seluruh dunia.

  1. Menyelamatkan nyawa

Untuk diketahui bahwa bayi di bawah 2 bulan yang tidak mendapatkan asi eksklusif memiliki 6 kali kemungkinan untuk meninggal dunia karena kurangnya asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, biasanya kondisi ini merupakan gejala dari diare dan infeksi saluran pernafasan. Fakta ini membuktikan bahwa pemberian asi secara eksklusif dapat menyelamatkan nyawa bayi dari ancaman penyakit serta kekurangan asupan bagi bayi, maka dari itu pemberian asi eksklusif menjadi sangat efektif dan wajib untuk dilakukan hingga usianya 2 tahun. Dan itulah beberapa manfaat asi eksklusif yang bisa kami berikan. Semoga informasi kami bisa berguna untuk ayah dan bunda sekalian.

Advertisement