Cara Aman Menggendong Bayi dengan Benar

Melihat bayi yang lucu memang membuat kita jadi ingin menggendongnya. Namun tidak sedikit ibu yang merasa takut untuk menggendong bayinya terutama bayi yang baru lahir karena memang tulang bayi masih sangat rapuh dan jika di gendong dengan cara yang tidak benar malah akan dapat membahayakan bayi. Oleh karena itu para orang tua khususnya ibu harus mengetahui bagaimana cara menggendong bayi dengan selendang yang benar karena tehnik atau cara menggendong bayi berbeda beda sesuai dengan usianya.Menggendong Bayi Dengan Aman

Pada setiap usia bayi orang tua harus memperhatikan cara mengendong yang benar misalanya cara menggendong bayi 2 bulan mungkin sedikit berbeda dengan cara menggendong bayi umur 0-1 bulan dan akan berbeda juga dengan cara menggendong bayi baru lahir. Namun pada artikel ini yang akan kami berikan adalah cara menggendong bayi yang baik dan benar secara umum dengan memperhatikan beberapa hal mendasar. Untuk dapat menggendong bayi secara aman dan benar perhatikan langkah – langkah cara menggendong bayi berikut .

Advertisement

Cara Menggendong Bayi Umur 0 – 3 Bulan

  • Mendekat pada bayi

    Advertisement

Untuk mengangkat bayi dengan aman langkah pertama yang harus anda lakukan adalah duduk dan mendekatlah pada bayi, kemudian selipkan salah satu tangan anda pada bagian antara leher dan kepala untuk menyangga tubuh bagian atasnya. Kemudian gunakan tangan anda yang satunya lagi untuk menopang punggung dan pantat bayi.

  • Letakkan Bayi pada Lipatan Siku

Pada saat anda akan menggendong bayi, letakkan kepala bayi anda pada lipatan siku anda dan sanggalah patatnya dengan telapak tangan anda yang satunya. Baru kemudian anda bisa mengangkatnya dengan amam, kemudian secara perlahan dekatkanlah bayi anda ke arah dada anda. Perlu di ingat bahwa saat anda mengangkat bayi dari tempat tidur selalu posisikan kepala sejajar dengan badan dan bagian tubuh lainnya namun ketika sudah dalam gendongan anda selalu posisikan kepala lebih tinggi dari badan dan bagian tubuh bayi anda.Cara Menggendong bayi Baru Lahir

Cara Meletakkan Bayi

Cara Meletakkan bayi di tempat tidur atau ranjang pun tidak boleh sembarangan. Pertama tama turunkan lebih dulu tubuhnya sampai menyentuh alas atau kasur, hingga badan bayi benar benar telah aman dan dalam posisi yang benar baru kemudian tarik dengan perlahan tangan anda dari kepala bayi anda.

Menggendong bayi merupakan salah satu cara seorang ibu atau orang tua untuk berkomunikasi dengan si kecil. Buktinya dengan di gendong atau di timang bayi menjadi tidak mudah rewel karena merasa nyaman dalam dekapan orang tua.

Untuk membuat bayi anda merasa nyaman, pilihlah alat menggendong yang tepat, nyaman dan lembut bagi bayi anda. Selain itu pastikan juga alat gendong tersebut aman bagi bayi dan juga aman bagi yang menggendong atau orang tuanya serta nyaman di gunakan. Tidak lupa juga sediakan kain lebut sebagai alas baju anda jika bayia yang akan anda gendong baru saja di beri ASI atau baru saja minum susu karena biasanya bayi sering mangalami gumoh atau semacam muntah kecil.

Advertisement