Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Obat Tradisional

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang mengganggu sekali. Tampak dari luar, tubuh anda terlihat sehat, tetapi di dalamnya pastilah anda merasakan nyeri tak henti. Gigi memiliki peranan penting untuk mengunyah makanan yang selanjutnya akan diproses oleh alat pencernaan dalam lambung. Gigi kita memiliki pelindung yang bernama email gigi, dengan tugas dapat mencegah munculnya lubang.

Sakit gigi membuat penderita merasa pusing kepala, badan meriang, nafsu makan berkurang, susah tidur, bahkan bisa memicu emosi ketika keadaan di sekitar anda gaduh. Banyak hal yang jadi penyebab sakit gigi pada seseorang. Secara umum penyebabnya adalah bakteri jahat yang menetap pada gigi. Dalam jangka waktu tertentu bakteri tersebut dapat mengakibatkan gigi berlubang, iritasi pada akar gigi, keretakan, bahkan pengeroposan.

Advertisement

Bagi anda penggemar makanan dan minuman manis, mulai sekarang berhati-hatilah. Konsumsi makanan manis seperti cokelat dan permen dapat mengeroposkan gigi. Banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan kerusakan gigi. Rajinlah menggosok gigi, minimal 2 kali dalam sehari terutama setelah makan dan sebelum tidur. Sakit gigi dapat menimpa berbagai usia dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit gigi secara alami?

Advertisement

Pemanfaatan Obat Tradisional Untuk Sakit Gigi

cara mengatasi sakit gigi tanpa obat

Untuk mengatasi sakit gigi secara alami dapat menggunakan obat-obat tradisional yang diambil dari lingkungan tempat tinggal kita. Cara mengatasi sakit gigi secara alami salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Bumbu dapur ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bawang putih mengandung zat yang bisa membunuh kuman dan bakteri pada gigi. Mula-mula kupas bawang putih lalu cuci bersih, kemudian bawang dihaluskan lalu bubuhkan bawang yang sudah halus pada gigi berlubang anda.

Setelah nyeri mulai mereda, bersihkan mulut anda dengan berkumur menggunakan air hangat yang telah dicampur garam. Anda dapat pula menggunakan merica yang dikombinasi dengan garam. Kedua bahan tersebut dicampur dengan takaran yang sama lalu tambahkan sedikit air, kemudian oleskan pada gigi diamkan beberapa menit. Bagi anda yang tidak menyukai aroma dan rasa bawang putih, jeruk nipis bisa pula digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis menjadi bahan alami pereda rasa nyeri sakit gigi. Caranya sangat simpel, peras jeruk nipis hingga didapatkan air yang cukup. Lumurkan air perasan jeruk tersebut pada gigi yang sakit, diamkan 10-15 menit. Setelahnya kumurlah dengan air hangat yang juga dicampur air jeruk nipis. Jika setelah pengobatan dengan obat alami gigi anda masih terasa sakit, ada baiknya berkonsultasilah dengan dokter spesialis gigi.

Advertisement