Inilah Tanda Hamil Anak Kembar Yang Wajib Di Ketahui

Kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat di tunggu oleh ibu yang baru saja menikah. Tentu hal ini merupakan salah satu hal yang menggembirakan karena kehamilan merupakan awal dari keturunan. Nah, dalam kasus tertentu, seringkali kita menjumpai ibu hamil bayi kembar. Tentu ini merupakan kebahagiaan yang tiada tara yang wajib untuk di syukuri. Akan tetapi, seringkali ibu hamil juga bingung dengan kehamilan bayi kembarnya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tanda hamil anak kembar yang setidaknya dapat anda jadikan sebagai patokan. Semoga membantu.

Berat badan yang meningkat tajam

Advertisement

Salah satu hal yang selalu mengikuti kehamilan adalah berat badan yang tumbuh dengan pesat. tentu saja hal ini normal karena merupakan efek dari tumbuhnya janin yang berada di dalam kandungan. Nah, berat badan yang meningkat dapat menjadi salah satu parameter hamil bayi kembar. Bagaimana detailnya? Para pakar mengatakan bahwa kehamilan bayi kembar dapat di deteksi dengan peningkatan berat badan yang cenderung sangat tinggi dan di luar batas nalar. Anda dapat bertanya tentang batas peningkatan berat badan kehamilan tunggal. Jika anda memiliki peningkatan kehamilan yang cenderung lebih tinggi, bisa saja anda hamil bayi kembar.

Ukuran kandungan lebih besar

Hal lain yang dapat di cermati sebagai salah satu parameter hamil bayi kembar adalah ukuran kandungan. Sebenarnya, ukuran kandungan ini merupakan efek dari meningkatnya berat badan dan pertumbuhan janin di dalam perut. Tentu saja semakin mendekati kelahiran maka ukuran kandungan akan semakin membesar. Nah, pada kasus kehamilan bayi kembar, ukuran kandungan akan nampak lebih besar daripada ukuran kehamilan bayi tunggal. Para pakar berpendapat bahwa ukuran kehamilan bayi kembar yang baru berusia 8 minggu saja sudah menyerupai ukuran kandungan kehamilan bayi tunggal pada usia 10 hingga 12 minggu!

Advertisement

ciri ciri ibu hamil anak kembar

Kondisi tubuh lebih tidak stabil

Biasanya, kehamilan akan di barengi dengan ketidakstabilan tubuh ibu yang sedang hamil. Hal ini di karenakan penyesuaian dengan pertumbuhan janin. Biasanya, ketika hamil, ibu hamil akan mengalami pusing, pening, nyeri hingga muntah sebagai salah satu penyesuaian diri. Hal ini wajar dan normal sehingga tidak perlu di waspadai. Lalu, bagaimana dengan kehamilan bayi kembar? Pada kehamilan bayi kembar, ibu hamil akan mengalami kondisi yang lebih buruk. Ibu hamil bisa jadi akan mengalami pusing, nyeri dan muntah hingga sepanjang hari di karenakan janin kembarnya.

Intuisi yang kuat

Hal lain yang dapat dijadikan parameter hamil bayi kembar adalah sebuah intuisi yang kuat. Ini merupakan salah satu hal yang memang abstrak tetapi bisa di pahami. Biasanya, berawal dari tanda-tanda yang dapat di lihat oleh kedua mata dan perasaan, akan timbul sebuah intuisi, termasuk tentang kehamilan kembar ini. Nah, ibu yang hamil juga pasti menyadari perbedaan keadaan yang terjadi dan intuisi menjadi salah satu pembenaran. Bisakah 100% di benarkan? Memang tidak bisa. Setidaknya intuisi akan menggiring ibu hamil untuk melakukan tes yang selanjutnya, yakni tes USG.

Nah, dari beberapa poin penjelasan di atas, kita dapat mengetahui ada beberapa tanda hamil anak kembar. Tentu, cek kehamilan di perlukan untuk mengetahui kebenarannya. Di samping beberapa tanda tersebut, menjaga kondisi kehamilan adalah sesuatu yang wajib. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengkonsumsi beberapa makanan kaya gizi dan serat, serta berkonsultasi dengan dokter kandungan secara rutin untuk mengetahui perkembangan janin anda.

Advertisement