Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Keluarga adalah peletak dasar kepribadian dan moralitas yang dimiliki seorang anak. Meskipun banyak instansi atau lembaga pendidikan untuk anak, akan menjadi percuma jika peran keluarga dihilangkan dalam proses tumbuh kembang anak. Nah, lantas bagaimana seharusnya pendidikan anak dalam keluarga yang baik itu? Berikut ulasannya.

Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Penanaman Nilai – Nilai Norma Sosial

Advertisement

Peran utama keluarga sebenarnya terletak pada pendidikan mengenai nilai – nilai kehidupan bersosial. Tidak ada seorang anak pun di dunia ini yang langsung tahu bagaimana yang baik dan yang buruk tanpa diketahui terlebih dahulu bahwa perilaku tersebut benar atau salah. Mereka masih belum mempunyai kemampuan dalam menilai sesuatu itu baik atau buruk untuk dirinya dan orang di sekitarnya.

Oleh karena itu, disinilah tugas orang tua sebagai pendidik. Menanamkan nilai – nilai yang sesuai dengan norma masyarakat dan agama harus senantiasa dilakukan oleh orang tua. Dengan demikian, diharapkan nilai – nilai yang sesuai dengan norma yang berlaku tersebut menjadikan seorang anak yang berkarakter. Dan tentu saja semuanya dimulai dari sektor keluarga.

Alokasi Waktu dan Komunikasi Adalah Kunci

Advertisement

Tidak sedikit orang tua yang merasa heran dengan perkembangan anaknya yang tidak mereka sadari. Hal tersebut karena para orang tua yang tidak pernah meluangkan banyak waktunya untuk anaknya, tentu akan sulit memantau tumbuh kembang fisik dan kepribadian anaknya. Beruntung jika anak memiliki kepribadian yang baik, namun bagaimana jika justru kepribadian buruk yang mewarnai karakter anak? Itulah pentingnya komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak.

Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Inilah pentingnya meluangkan waktu untuk berkomunikasi pada anak. Pendidikan di sekolah formal saja membutuhkan waktu berjam – jam untuk bisa membentuk kemampuan anak dalam membaca dan berhitung, apalagi pendidikan dalam keluarga yang ingin membentuk watak dan kepribadian anak yang baik.

Selain itu, apabila keluarga sudah mencurahkan waktunya untuk pendidikan anak, maka orang tua juga bisa secara aktif mengamati dan memahami bagaimana kebutuhan dan keinginan anak. Karena hal tersebut adalah salah satu faktor kesuksesan pendidikan anak dalam keluarga. Ketika orang tua mampu memahami keadaan anaknya, apabila timbul hal yang tidak lazim pada diri anak, orang tua akan mampu memberikan respon dan penanganan yang tepat.

Sehingga, pendidikan anak dalam keluarga akan bisa terlaksana dengan baik ketika orang tua selalu menjaga komunikasi dan kedekatan dengan anaknya. Tanpa itu, mustahil menghasilkan anak yang berkarakter.

Oleh karena itu, tetap semua keputusan berada di tangan masing – masing orang tua. Apakah orang tua benar – benar bertekad untuk membentuk kepribadian baik pada anaknya. Namun, perlu diketahui bahwa kedekatan antara orang tua dan anak merupakan kunci sukses dalam mendidik anak. Dan yang terpenting, setiap anak harus mendapatkan pendidikan yang terbaik dalam keluarganya. Nah itu dia ulasan yang membahas mengenai pendidikan anak dalam keluarga, silahkan  di cermati dan semoga bermanfaat.

Advertisement