Macam-Macam Alat Pembayaran Non Tunai

Dalam Dunia serba modern seperti sekarang, alat pembayaran non tunai tentu sangat dibutuhkan untuk memudahkan transaksi. Karena dengan pembayaran non tunai ini, transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan teknologi dalam pembayarannya. Dengan menggunakan sistem pembayaran non tunai ini tentu lebih efisien menghemat waktu. Selain itu, sistem pembayaran non tunai ini dinilai lebih aman karena hanya anda yang bisa mnggunakanya.

Alat pembayaran non tunai ini memiliki tiga bentuk atau tiga jenis, yaitu paper based, card based, dan electronic based. Berikut adalah beberapa macam atau jenis alat pembayaran non tunai

Advertisement

1. Kartu Kredit

Alat pembayaran non tunai yang pertama adalah kartu kredit. Kartu kredit ini termasuk jenis atau bentuk card based yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk pembayaran jasa ataupun barang yang pembayarannya bisa dibayar atau dilunasi di bulan berikutnya

2. Kartu ATM

Advertisement

Alat pembayaran non tunai yang kedua adalah kartu ATM. Kartu ATM ini termasuk bentuk alat pembayaran tunai card based, kartu ATM ini akan anda dapatkan saat membuka rekening atau tabungan dan menyimpan uang di sebuah bank. Kartu ATM ini bisa membantu anda bertransaksi tanpa harus meminta bantuan atau berurusan dengan teller bank. Kartu ATM ini bisa anda gunakan untuk mentransfer uang atau mengambil uang dari mesin ATM tanpa harus ke bank.Macam-Macam Alat Pembayaran Non Tunai

3. Alat pembayaran non tunai yang selanjutnya adalah berupa cek. Cek ini merupakan bentuk alat pembayaran non tunai dengan bentuk paper based. Cek ini termasuk alat pembayaran non tunai yang bisa anda gunakan untuk melakukan pembayaran dengan jumlah yang besar. Cek sendiri memiliki 3 jenis yaitu cek silang, cek atas nama dan cek atas unjuk.

4. Bilyet Giro

Alat pembayaran non tunai yang berikutnya adalah bilyet giro. Bilyet giro ini merupakan surat perintah dari seorang nasabah bank untuk memindahbukukan sejumlah dana dari pemilik rekening atau rekening yang bersangkutan ke rekening penerima.

5. E-Money

Alat pembayaran non tunai yang kelima adalah E-money. E-money adalah sebuah kartu elektronik yang dapat di gunakan untuk alat pembayaran atas dasar nilai uang atau dana yang sudah disetorkan terlebih dahulu. Jumlah setoran ini berkisar antara satu juta sampai lima juta. Dana atau uang ini disimpan secara elektronik untuk digunakan sebagai pembayaranya yang dilakukan secara elektronik atau non tunai.

Selain kelebihan di atas tadi yang lebih mudah, efisien dan aman bertransaksi menggunakan alat pembayaran non tunai ini tentu memiliki kekurangan. Namun banyak orang yang lebih memilih menggunakan alat pembayaran non tunai ini untuk melakukan transaksi apalagi untuk orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk melakukan pembayaran cash atau tunai.

Demikian tadi adalah beberapa alat pembayaran non tunai yang bisa anda gunakan untuk mempermudah transaksi atau pembayaran anda. Semoga info ini membantu dan bermanfaat.

Advertisement

Tag:

  • alat pembayaran non tunai
  • alat pembayaran nontunai
  • contoh alat pembayaran non tunai
  • macam macam alat pembayaran non tunai
  • pengertian alat pembayaran non tunai
  • jenis jenis alat pembayaran non tunai
  • jenis alat pembayaran non tunai
  • contoh pembayaran non tunai
  • contoh alat pembayaran nontunai
  • pengertian alat pembayaran nontunai