Makanan Sehat Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini umumnya muncul secara diam diam tanpa diketahui oleh penderita karena sangat sulit mengetahui apakah seseorang telah terkena hipertensi tanpa melakukan pengecekan terhadap tekanan darah. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui seseorang telah terkena penyakit hipertensi? Untuk dapat mengetahui apakah sesorang telah terkena hipertensi dapat diketahui dengan melihat hasil tes tekanan darah. Untuk tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80, angka pertama dari pengukuran darah tersebut disebut dengan tekanan darah sistolik yaitu tekanan darah dalam arteri ketika jantung berdenyut. Angka kedua menunjukan tekanan darah diastolik yang merupakan tekanan darah diantara detak jantung dakam keadaan beristirahat.

Saat hasil tes tekanan darah telah melebihi kisaran normal, ada beberapa kesimpulan yang terkait dengan penyakit hipertensi ini :

Advertisement
  • Prahipertensi : Yaitu hasil tes tekanan darah berkisar diantara 120 – 139 (untuk angka sistoliknya) atau mungkin bisa juga 80 – 90 untuk ukuran angka diastolik.

  • Hipertensi tahap 1 : Tekanan darah sistolik 140 – 159 atau bisa juga 90 – 99 untuk tekanan darah diastolik.

  • Hipertensi tahap 2 : Dikatakan berapa pada hipertensi tahap 2 jika penderita berapa pada tekanan sistolik 160 dan 100 untuk diastolik atau lebih tinggi dari nilai tersebut.

    Advertisement

Penyakit darah tinggi ini sebenarnya dapat di obati dengan cukup mudah dan simple. Salah satunya yaitu dengan menjaga pola makan dan jenis makanan yang tepat. Mengurangi serta membatasi makanan dengan kadar garam yang tinggi serta dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Makanan Penurun Darah Tinggi

Banyak orang memang tidak menyadari dan cenderung mengabaikan kandungan dari makanan yang mereka konsumsi sehari hari. Namun bagi anda yang berniat untuk menjaga tekanan darah anda pada kisaran normal sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan makan sehat dan kandungan yang ada didalamnya. Kurangi dan hindarilah makanan yang kandungan sodiumnya sangat tinggi, karena semakin sedikit kandungan sodium yang anda konsumsi maka tekanan darah anda akan semakin terkendali. Selain mengurangi makanan yang mengandung sodium perbanyaklah mengonsumsi makanan penurun darah tinggi yaitu makanan yang banyak mengandung magnesium dan potasium, serta banyak mengandung serat.

Makanan yang dapat membantu sebagai penurun tekanan darah tinggi diantaranya yaitu sayuran hijau, seperti bayam, buncis,seledri,bawang putih, tomat, kentang dan juga kedelai. Sedangkan untuk buah buahan yang baik untuk menurunkan darah tinggi yaitu, pisang, alpukat, jeruk, mengkudu, kiwi, melon dan juga blewah.

Untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda dapat membuat progran penurunan ini secara bertahap, contohnya dengan membatasi asupan sodium dalam makanan anda mulai dari sekitar 2.400 miligram atau sekitar satu sendok the. Baru kemudian setelah tubuh anda cukup berdaptasi kurangi lagi menjadi 1.500 miligram atau 2/3 sendok the. Jumlah ini sudah termasuk kandungan sodium yang anda sajikan di meja makan. Atau anda juga bisa menggunakan bumbu rendah sodium untuk menambah rasa pada masakan anda.

Advertisement