Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless

Bagi anda yang menyukai fotografi tentunya anda sudah sangat familiar dengan berbagai tipe kamera baik itu kamera  DSLR maupun kamera Mirrorless dari berbagai merk terkenal termasuk kamera DSLR Canon. Secara umum ada beberapa perbedaan mendasar antara kamera DSLR dengan kamera Mirrorless, kamera DSLR (Digital Single Lens Refex) memakai sebuah cermin yang digunakan untuk memantulkan cahaya yang berasal dari lensa ke jendela bidik atau viewfinder. Dengan demikian pengguna akan dapat melihat sama persis dengan apa terlihat oleh lensa kamera secara optikal. Pada saat pengambilan gambar cermin tersebut secara otomatis akan naik dengan cepat dan kembali ke posisi semula setelah proses pengambilan gambar. Sedangkan pada kamera mirrorless tidak menggunakan cermin, sehingga cahaya dari lensa kamera akan langsung menuju ke sesnsor gambar sedangkan gambar objek yang akan di ambil akan di tampilkan pada sebuah layar LCD atau yang bisa disebut juga dengan viewfinder.

Perbedaan Kamera DSLR dengan MirrorlessSetidaknya ada sekitar 10 perbedaan utama kamera dslr dengan kamera mirrorless selain dari yang telah kami sebutkan diatas :

Advertisement
  • Lensa
  • Ukuran dan berat
  • Autofocus
  • Viewfinder
  • Fitur
  • Video
  • Continous Shooting
  • Baterai
  • Kualitas Gambar dan
  • Harga

Sebagai salah satu contoh berikut akan kami berikan perbandingan spesifikasi antara kamera DSLR Canon 700D dengan kamera mirrorless Sony A6000.

Advertisement

Kamera DSLR Canon EOS 700D memiliki spesifikasi yang terbialng cuckup bagus karena dengan spesifikasi dimilikinya akan dapat menghasilkan gambar yang sangat detail dan juga bagus. Kamera ini memiliki resolusi sebesar 18MP dengan full HD1080 ditambah dengan LSD layar sentuh ayang akan semakin memudahkan anda untuk menyetel atau melihat hasil foto yang telah anda ambil karena telah menggunakan processor DIGIC5. Kamera canon EOS 700D memiliki optical viewfinder dengan keakuratan hingga sebesar 95% bahkan hingga 100%.

Sedangkan untuk kamera mirrorless Sony A6000, juga memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Kamera ini dilengkapi dengan processor BIONZX yang dikatakan merupakan andalah dari kamera ini karena mampu mengambil gambar berkualitas dan juga cepat. Sony A6000 ini juga telah dibekali dengan sensivitas ISO hingga mencapai 25.600 sehingga akan sangat memudahkan anda pada saat akan mengambil gambar pada loaksi yang cukup minim cahaya.

mirrorless Sony A6000

Salah satu fitur unggulan dari kamera Sony A6000 adalah kinerja sistem Auto Focusnya yang di klaim tercepat di dunia yaitu 0.06 detik untuk kamera sekelasnya dan mampu melakukan continous dhooting hingga 11fps.

Seperti pada jenis kamera mirrorless lainya, Sony A6000 tidak memiliki optic viewfinder namun dilengkapi dengan electronik viewfinder 1440K dots dan untuk mencegah blur kamera ini dibekali dengan Optical Steadyshot.

Nah sedikit ulasan mengenai perbandingan kamera DSLR Canon dengan kamera Kamera Mirrorless Sony A6000 tersebut diatas semoga dapat membantu anda yang akan membeli kamera, karena memilih kamre sembelum membelinya merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan tipe kamera seperti ayang ada inginkan.

Advertisement