Tips Cara Belajar Piano Untuk Pemula

Salah satu jenis alat musik yang sangat istimewa dan dapat memberikan kesan yang dinamis serta begitu harmonis tersebut adalah piano. Pemain alat musik ini akan terlihat kalem dan alunan nada yang dikeluarkan dari piano ini sangat indah didengar jika saja pemainnya cukup handal untuk menggunakannya. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang ingin mempelajari cara bermain gitar. Banyak yang memulai pembelajarannya dengan menggunakan jasa atau guru musik khusus piano dan tentunya biaya les musik tersebut tidaklah sedikit. Bagi anda yang tidak memiliki banyak dana untuk mengikuti les piano namun memiliki keinginan yang sangat kuat maka anda dapat belajar piano secara otodidak. Bagi anda yang ingin tahu bagaimanakah proses pembelajarannya maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Pada proses belajar piano yang pertama, anda dapat memulainya dari latihan notasi piano terlebih dahulu. Dengan belajar notasi piano maka anda dapat paham akan nada nada piano yang digunakan. Memainkan piano tidak hanya sekedar menekan piano saja, namun anda juga harus benar benar menghayati bunyi yang nantinya akan dikeluarkan dari piano yang anda mainkan tersebut sehingga nantinya anda dapat menguasai berbagai macam bunyi tuts piano. Belajar piano secara otodidak ini dapat dilakukan dengan sangat mudah bagi anda yang masih pemula.

Advertisement
Advertisement

Kemudian proses belajar piano berikutnya yaitu anda dapat melatih jari jari anda atau fingerprint. Jari jari anda tersebut harus lentur dan tidak boleh kaku sehingga nantinya dapat reflek ketika memainkan piano. Anda dapat melatihnya dengan menggunakan tuts tuts yang sederhana. Berikutnya anda harus meluangkan banyak waktu untuk dapat menguasai irama dan juga untuk dapat menghitung bunyi ketukan. Untuk latihan yang satu ini dibutuhkan konsentrasi penuh.

cara bermain piano dengan mudah

Dan proses belajar piano selanjutnya yaitu anda dapat mulai menguasai permainan piano secara bertahap. Anda juga harus latihan menginjak pedal dengan tepat yaitu anda harus menginjaknya dengan mengikuti gerakan yang dilakukan oleh tangan kiri. Ketika kedua tangan anda diletakkan secara bersamaan di atas piano maka anda harus melakukannya dengan perlahan dan harus akurasi. Apabila semua tahap sudah selesai maka anda dapat langsung menerapkannya pada lagu.

Belajar menggunakan piano tidak dapat dilakukan dengan tergesa-gesa sebab keinginan hati yang ingin segera cepat bisa. Harus ada tahap yang harus dilakukan agar kemampuan bermain pianonya tersebut menjadi sangat unggul. Dalam belajar memainkan piano ini sendiri dibutuhkan ketelatenan, ketekunan, dan juga kesabaran serta konsentrasi yang nantinya dapat mengantarkan anda menjadi pianis profesional. Untuk itu anda tidak boleh malas untuk terus belajar. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui tentang cara belajar piano untuk para pemula.

Advertisement