Tips Merawat Hardware Komputer Supaya Tetap Awet Sepanjang Masa

Pengguna perangkat hardware computer, mungkin terheran-heran. Mengapa ada pengguna yang masih menggunakan komputer yang bisa berfungsi selama bertahun-tahun lamanya. Dan ada pengguna, yang hanya bisa bertahan terhadap seperangkat komputer dalam waktu yang cukup cepat. Seperti jangka waktu selama 1 tahun. Pertanyaan tersebut mungkin sudah menjadi pertanyaan umum, dan sulit untuk ditemukan solusinya. Sebenarnya solusi yang paling utama adalah diri Anda sendiri. Jika Anda termasuk pengguna yang tidak bisa memberdayakan komputer, maka cobalah untuk berkomitmen terlebih dahulu.

Mungkin sedikit membingungkan kenapa harus berkomitmen. Hal ini bertujuan, jika Anda ingin komputer berfungsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Anda harus giat untuk membersihkan komputer dan merawatnya dengan berbagai hal. Sebenarnya proses perawatan dan pembersihannya terbilang cukup mudah. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Disini ada beberapa caranya!

Advertisement
  • Bersihkan kotoran yang menempel

Debu adalah partikel kecil yang selalu menempel pada segala hal, termasuk pada perangkat komputer. Debu yang menempel pada permukaan yang terlihat, mungkin dapat dengan mudah dibersihkan hanya dengan kain lap dan debu akan hilang. Namun untuk bagian-bagian yang ada di dalam. Anda harus pergi ke service komputer, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebenarnya Anda bisa berusaha mengurangi masuknya debu ke perangkat keras yang ada di dalam komputer, dengan cara membersihkan komputer secara 4 hari hingga 7 hari sekali. Dan pasanglah kain penutup para perangkat komputer. Dengan begitu, untuk membersihkan bagian dalamnya hanya butuh waktu setahun sekali cukup. Kotoran yang dibersihkan, mempengaruhi kerja komputer.

Advertisement

Tips Merawat Hardware Komputer

  • Normalkan suhu komputer

Mungkin banyak kasus yang sering kita jumpai. Jika komputer dalam keadaan panas, maka akan menjadi error dan mesin yang ada di dalam bergerak hingga kencang dan kerasnya. Komputer yang sedang bersuhu panas, sebaiknya segera dianginkan. Ambillah kipas angin untuk membuat komputer menjadi dingin. Alangkah lebih baiknya, istirahatkan komputer terlebih dahulu. Tunggu hingga suhu komputer dingin, dan Anda bisa nyalakan kembali hardware komputer Anda.

  • Jauhkan dari benda bermagnet

Sebenarnya komputer memang harus dijauhkan dari benda-benda yang mengandung magnet. Karena magnet yang ada di dekat komputer, akan membuat sistem yang ada di dalamnya menjadi kacau dan merusak beberapa hal. Untuk itu bagi Anda yang senang dengan speaker, sebaiknya jauhkan saja dari komputer. Taruh dalam beberapa jarak, jangan ditaruh di atas atau tepat samping komputer.

  • Stabilkan tegangan listrik

Biasanya tegangan listrik yang digunakan untuk sebuah komputer dan perangkat-perangkat keras lainnya, daya energinya cukup tinggi. Dan terkadang daya tersebut tidak menentu. Entah dari sisi komputer, ataupun tegangan dari luar. Tegangan yang berombang-ambing dan tak menentu, bisa merusak cara kerja dan sistem komputer. Sebaiknya Anda menggunakan stabilizer untuk menyetabilkan tegangan listrik baik dari dalam maupun dari luar. Sehingga komputer tetap stabil dan tidak terkena dampak buruknya.

  • Hindarkan air dari perangkat komputer

Bagi Anda yang suka bekerja atau bermain komputer dengan cara menyeruput minuman hangat atau meminum minuman dingin yang manis di dekat komputer. Sebaiknya hindari hal tersebut dari sekarang. Minuman atau segala macam benda yang berwujud cair, memang tidak baik jika ditaruh dekat di perangkat komputer. Hal ini disebabkan, jika air tumpah atau cipratannya mengenai perangkat komputer. Bisa jadi komputer akan mati pada bagian tersebut. Karena semua benda elektronik terutama hardware komputer, mesinnya sangat rentan terhadap air.

Advertisement